loader image

4 Platform Digital Marketing yang Efektif Tingkatkan Penjualan Bisnis

Saat ini digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran paling banyak dilakukan oleh pemilik usaha. Selain efektif, strategi marketing ini juga sangat mudah.  Platform-platform digital marketing telah menjadi alat yang sangat baik untuk mengambil bisnis kita ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan memanfaatkan platform-platform ini secara cerdas, kita dapat memaksimalkan potensi pemasaran online dan meningkatkan angka penjualan bisnis.

Platform pemasaran digital merujuk kepada berbagai situs web, aplikasi, dan alat online yang digunakan oleh perusahaan dan individu untuk mengembangkan, meluncurkan, dan mengelola pemasaran digital. Tujuan utama dari platform ini adalah untuk mencapai audiens target, mempromosikan produk atau layanan, dan meningkatkan kehadiran online.

Sebelum membahas contoh platform digital marketing, ada baiknya jika kita membaca artikel Peran Digital Marketing dan Manfaat yang di Peroleh di Era Modern  terlebih dahulu

Contoh Platform Digital Marketing

Artikel ini akan mengulas beberapa platform digital marketing yang efektif tingkatkan penjualan yaitu :

1. Google Ads

Kita tahu bahwa google adalah mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan di dunia. Karena itu kita dapat memanfaatkan google sebagai platform digital. Google menyediakan opsi iklan berbayar yaitu “Google Ads” yang memungkinkan kita dapat mempromosikan suatu produk. Google Ads adalah platform periklanan digital yang memungkinkan bisnis dan pemasar untuk membuat dan menayangkan iklan berbayar yang muncul di berbagai layanan Google. Seperti hasil pencarian, situs web mitra, video di YouTube, dan lain sebagainya.

Iklan yang ditampilkan melalui Google Ads dapat menjangkau jutaan pengguna yang mencari informasi, produk, atau layanan yang relevan dengan bisnis kita. Dengan menayangkan iklan di hasil pencarian atau situs web mitra Google, Google Ads dapat membantu meningkatkan lalu lintas ke situs web bisnis. Ini berarti lebih banyak pengunjung dapat melihat produk, layanan, atau konten yang ditawarkan.

2. Website

Platform digital marketing selanjutnya yaitu website, meskipun terdengar klasik website merupakan tempat pertama untuk mencari sebuah informasi. Website merupakan salah satu platform yang sangat penting dalam digital marketing karena merupakan titik pusat untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan bertransaksi dengan audiens secara online. 

Jika kita menjual produk atau layanan secara online, website dapat berfungsi sebagai toko online. Pelanggan dapat menjelajahi katalog produk, memilih, dan melakukan pembelian langsung dari website kita. Website memungkinkan interaksi dengan pengunjung melalui formulir kontak, komentar, fitur obrolan (live chat), atau tautan media sosial. Ini memungkinkan komunikasi dua arah dengan audiens.

3. Social Media

Siapa yang tidak mengenal platform digital yang satu ini? biasanya orang menggunakan platform ini sebagai hiburan dan lain sebagainya, tak jarang banyak juga pengguna social media yang memanfaatkan platform ini untuk branding bisnisnya. Pengguna dapat membuat profil pribadi atau bisnis yang mencakup informasi tentang diri mereka, minat, aktivitas, dan lainnya. Contoh social media yang dapat kita gunakan sebagai platform digital marketing yaitu :

  • Intagram: Intagram adalah platform berbasis gambar yang dapat menarik perhatian. Selain gambar, Instagram juga mendukung berbagai format konten, termasuk video pendek (Reels), video lebih panjang di IGTV, serta stories yang populer. dengan menggunakan hastag, maka kemungkinan besar konten kita akan ditemukan oleh banyak orang. Intagram juga memiliki  fitur seperti tombol “Shop Now” yang memungkinkan pengguna untuk langsung berbelanja dari postingan atau iklan kita.
  • Facebook: Banyak orang menggunakan Facebook untuk menjual produk mereka disana, karena Facebook mendukung berbagai format iklan, termasuk iklan teks, gambar, video, Carousel (gambar berputar), Collection (koleksi produk), dan masih banyak lagi.  Pemasar dapat menggunakan “Call-to-Action” (Panggilan untuk Tindakan) yang ditambahkan ke iklan mereka, seperti “Belanja Sekarang”, “Daftar Sekarang”, atau “Unduh”. Ini membantu mendorong pengguna untuk melakukan tindakan yang diinginkan.
  • WhatsApp: Biasanya kita menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi saja, misalnya dengan keluarga atau teman. Tetapi WhatsApp juga dapat digunakan sebagai platform digital marketing karena WhatsApp menyediakan fitur pesan otomatis yang dapat diatur untuk memberikan tanggapan cepat kepada pelanggan, memberikan informasi dasar, atau memberikan pemberitahuan penting.
  • YouTube: Bagi pembuat konten, YouTube menawarkan potensi pendapatan melalui program monetisasi, di mana kita dapat menghasilkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan di video. Kita dapat mengunggah berbagai jenis video, seperti tutorial, ulasan produk, vlog, wawancara, demo produk, dan masih banyak lagi.
  • TikTok: Saat ini TikTok juga sudah memiliki fitur iklan, bentuk promosinya berupa video singkat dengan musik khas anak milenial atau generasi Genz karena itu strategi ini dianggap sangat efektif untuk melakukan kegiatan marketing. kita juga dapat menggunakan TikTok live untuk melakukan streaming langsung kepada setiap pengikut. Selain itu, kita juga dapat menambahkan tautan ke situs web, toko online, atau halaman produk dalam bagian bio profil kita. Pengguna dapat mengklik tautan tersebut untuk mengakses lebih lanjut.

4. Marketplace

Saat ini banyak Marketplace yang digunakan untuk memasarkan suatu produk tertentu. Marketplace menyediakan berbagai layanan untuk memudahkan proses transaksi antara penjual dan pembeli, termasuk pencarian produk, komunikasi, pembayaran, dan pengiriman.

Contoh platform digital marketing Marketplace adalah Shopee, Lazada, TokoPedia, dan lain sebagainya. Platform ini memudahkan penjual dan pembeli, karena menyediakan fitur Live streaming dan opsi iklan berbayar. Kita dapat menargetkan iklan berdasarkan kriteria tertentu untuk mencapai audiens yang relevan. Tak hanya itu, platform ini juga terdapat fitur seperti keranjang dengan fungsi sebagai menu untuk meletakkan produk yang ingin dibeli. 

Itulah pembahasan tentang platform digital marketing yang siap membantu kesuksesan bisnis. Tak ada salahnya jika kamu memasarkan produk ke semua platform, karena saat ini mempromosikan produk di satu tempat saja belum terlalu memuaskan, bukan?

Keempat platform digital marketing diatas hanyalah sebagai media, jadi jika ingin bisnis mencapai kata kesuksesan, perusahaan juga harus memperlihatkan effort serta kesungguhannya. 

Scroll to Top