loader image

5 Langkah Memulai Jasa Digital Marketing untuk Pemula

Bagaimana seseorang yang baru memulai dapat memasuki dunia digital marketing? Mungkin pertanyaan ini dapat muncul dalam pikiran kita. Bagi kita yang masih awam dalam bidang ini, kita bisa memulai langkah-langkah pemasaran digital dengan melakukan penelitian mendalam serta mengidentifikasi segmen pasar dengan tepat. Selain itu, penting untuk memiliki tujuan bisnis yang terdefinisi dengan jelas, membangun basis data berisi calon konsumen potensial, dan mengambil langkah-langkah lainnya. Kita bisa memahami secara lebih detail dengan melanjutkan membaca artikel ini sampai akhir ya.

Berikut 5 Langkah Memulai Jasa Digital Marketing untuk Pemula

Memulai pemasaran digital memang menjadi langkah yang menarik, tetapi juga memerlukan pemahaman dan perencanaan yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk memulai pemasaran digital:

1. Pahami Dasar Digital Marketing

Sebelum kita mulai, pelajari konsep dasar pemasaran digital. Ini termasuk pemahaman tentang apa itu SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan peringkat situs web kita di hasil pencarian, bagaimana media sosial dapat membantu dalam berinteraksi dengan audiens, apa itu iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas, dan bagaimana cara kerja marketplace, dll. Sumber-sumber pembelajaran online seperti tutorial video, blog, dan kursus dapat membantu kita memahami konsep ini dengan lebih baik.

2. Tentukan Tujuan Marketing

Kenali tujuan kita dalam pemasaran digital. Apakah kita ingin meningkatkan penjualan produk atau layanan, membangun kesadaran merek, atau mungkin mengumpulkan lebih banyak prospek? Menetapkan tujuan yang jelas akan membimbing semua keputusan dan tindakan kita selanjutnya. Jadi, perlu kita perhatikan bagaimana kita melangkah untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. 

3. Identifikasi Target Pasar

Pelajari siapa audiens target kita. Ini termasuk pemahaman tentang usia, lokasi, minat, dan masalah yang ingin mereka selesaikan. Mengenal audiens kita akan membantu kita untuk mendapatkan target yang tepat. Karena  sebelum menawarkan produk yang kita jual kepada customer, pastikan barang/jasa tersebut dapat menjadi solusi kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan.

Hal tersebut dapat kita lakukan dengan melakukan riset langsung ke lapangan, bergabung di forum, dan lain sebagainya.

4. Pilih Platform yang Tepat

Pilih platform yang sesuai dengan karakteristik audiens kita. Jika mereka lebih sering berada di media sosial, pertimbangkan untuk fokus pada platform seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, atau LinkedIn. Jika mereka menggunakan mesin pencari untuk mencari produk atau informasi, perhatikan optimasi SEO dan iklan berbayar melalui platform seperti Google Ads, dll.

Kita dapat mempelajari 4 Platform Digital Marketing yang Efektif Tingkatkan Penjualan Bisnis yang bertujuan untuk mengetahui platform apa saja yang dapat kita gunakan untuk strategi digital marketing.

5. Buat Konten yang Berkualitas dan Konsisten

Kita tahu kalau konten adalah hal yang sangat penting dalam pemasaran digital. Jadi buatlah konten yang bermanfaat dan menarik bagi audiens. Ini bisa berupa artikel yang memberikan solusi atas masalah mereka, kita perlu belajar copywriting untuk mendapatkan artikel yang berkualitas, dan sebuah video yang dapat menjelaskan produk kita, atau gambar yang mencerminkan nilai-nilai merek usaha yang kita jalankan. Dalam hal ini kita dapat belajar graphic design agar mendapatkan gambar yang berkualitas. Pastikan konten kita dilakukan dengan konsisten untuk mencapai tujuan pemasaran.

Aset Penting Jasa Digital Marketing

Ketika berbicara mengenai pemasaran digital, seorang pemasar perlu memiliki pengetahuan serta pemahaman yang baik mengenai elemen-elemen yang dapat ditingkatkan oleh bisnis dan perusahaan untuk memastikan kelancaran strategi pemasaran digital.

Salah satu elemen dalam pemasaran digital adalah aset. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa aset dalam pemasaran digital yang perlu dipahami agar dapat dioptimalkan:

  • Identitas Merek
  • Situs Web atau SEO dan SEM
  • Media (Gambar, Video, dan Audio)
  • Akun Media Sosial
  • Jejak Online (Review/Feedback/Testimoni)

Kita dapat menjaga aset di atas untuk mempertahankan bisnis kita dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Lakukan hal-hal yang berkualitas dan tidak merusak reputasi bisnis, Selain itu, hal yang juga memiliki signifikansi adalah keterlibatan kita dalam forum-forum online. Oleh karena itu, sangat penting bahwa profil bisnis kita memiliki reputasi dan evaluasi positif dari pelanggan. Faktor ini memiliki potensi untuk memengaruhi citra merek bisnis kita di dunia maya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara rinci, kita akan memiliki landasan yang kuat untuk memulai pemasaran digital. Ingatlah bahwa pemasaran digital adalah perjalanan yang terus berkembang, jadi selalu terbuka untuk belajar, beradaptasi, dan mengoptimalkan strategi kita seiring waktu. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Gleamore.id! Klik disini

Scroll to Top