loader image

6 Alasan Mengapa Digital Marketing itu Penting !

Dengan adanya persaingan bisnis yang semakin ketat, kita harus melakukan strategi yang ampuh agar tidak kalah dengan kompetitor. Itulah mengapa setiap perusahaan membutuhkan pemasaran atau marketing sebagai langkah untuk promosi bisnis. Ada beberapa teknik marketing yang bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan salah satunya adalah digital marketing. 

Namun sebelum itu kita harus mengetahui apa itu digital marketing dan mengapa digital marketing sangat penting untuk menjalankan bisnis kita. 

Apa itu Digital Marketing ?

Digital marketing merupakan serangkaian strategi, taktik, dan aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui media digital dan platform online untuk mencapai tujuan bisnis. Ini adalah bentuk pemasaran yang mengandalkan teknologi digital dan internet sebagai saluran komunikasi untuk berinteraksi dengan audiens, mempromosikan produk atau layanan, dan membangun brand awareness.

Mengapa Digital Marketing itu Penting ?

Berikut ini 6 alasan mengapa digital marketing itu penting, yaitu :

1.Membangun Peluang yang Lebih Besar

Setiap tahun jumlah pengguna internet terus meningkat. Kondisi ini menjadikan internet sebagai alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memperluas cakupan pemasaran produk dan layanan. Kombinasi digital marketing melalui media sosial, iklan, optimasi mesin pencari (SEO), dan situs web sering kali diterapkan oleh perusahaan untuk meraih pangsa pasar yang lebih luas.

Lalu mengapa digital marketing berdampak pada perluasan pasar? ini terjadi karena sebagian besar strategi digital marketing memiliki elemen pemasaran langsung. Artinya, pesan yang disampaikan melalui digital marketing tidak mengalami hambatan dan langsung mencapai target pasar yang diincar oleh perusahaan. Oleh karena itu, mulailah menerapkan strategi digital marketing yang tepat sekarang juga!

2. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Perlu diingat kalau kita memiliki persaingan yang sangat ketat, Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik akan lebih mampu memenangkan kepercayaan dari pelanggan. Ini menjadi lebih efektif terutama ketika kita menyediakan layanan yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, seperti menyajikan pelayanan melalui platform Marketplace atau media sosial. 

Dengan kita membangun kepercayaan pelanggan maka akan ada kemungkinan untuk terjadinya “repeat order” atau pemesanan ulang karena telah dipercaya oleh customer.

3. Membangun Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek adalah tingkat pengenalan dan familiaritas yang dimiliki oleh masyarakat terhadap suatu merek atau perusahaan. Dalam kata lain, brand awareness mengukur sejauh mana konsumen atau audiens mengenali dan mengingat merek tertentu ketika mereka berhadapan dengan produk atau layanan yang serupa.

Brand awareness penting karena merupakan fondasi bagi kesuksesan pemasaran dan bisnis. Jika orang tidak mengenal merek kita, mereka tidak akan mempertimbangkan untuk membeli produk atau layanan kita. Tingkat brand awareness yang tinggi dapat membantu membedakan merek kita dari pesaing, membangun hubungan emosional dengan pelanggan, dan menciptakan loyalitas pelanggan jangka panjang.

4. Mampu Menarik Perhatian Pelanggan

Saat ini, perkembangan teknologi yang semakin canggih telah menjadi suatu keharusan untuk dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Tanpa menerapkan digital marketing, risiko tertinggal dari persaingan dengan kompetitor akan semakin besar. Keberadaan digital marketing sangat penting dalam upaya memikat perhatian pelanggan, sehingga kompetitor tidak mengambil alih peluang tersebut. 

Teknologi digital marketing dapat dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan yang telah setia atau yang baru bergabung. Dengan cara ini, kita dapat memberikan layanan terbaik secara online, sehingga pelanggan merasa nyaman saat bertransaksi dalam lingkup bisnis kita. Strategi-strategi online juga dapat diterapkan untuk menarik minat pelanggan dengan lebih efektif.

5. Dapat Menghemat Biaya

Perusahaan yang baru didirikan atau yang beroperasi dalam skala kecil seringkali menghadapi kendala terbatasnya sumber daya finansial jika dibandingkan dengan perusahaan yang sudah berkembang dan besar.

Tetapi, dengan adanya strategi pemasaran digital juga membawa manfaat signifikan dalam pengelolaan anggaran perusahaan serta mencegah pemborosan. Tidak lagi diperlukan investasi besar untuk mencetak materi promosi seperti pamflet atau iklan cetak, maupun pembuatan spanduk atau baliho (sejumlah biaya ini mungkin dapat dikurangi secara signifikan).

6. Bisnis Berkembang Lebih Cepat

Bisnis yang sudah go digital akan mampu berkembang lebih cepat. Hal tersebut dibantu dengan cepatnya penyebaran informasi saat ini yang menjadi poin utama dalam bisnis digital. 

Dengan menggunakan berbagai platform digital secara lebih maksimal, maka jumlah audiens yang mampu mengenali produk kita pasti akan lebih banyak. Sehingga, potensi penjualan pun akan semakin besar.

Bagi Anda yang memiliki bisnis atau perusahaan, sudah seharusnya menerapkan strategi pemasaran yang terbaik. Pentingnya digital marketing di atas menjadi alasan Anda harus menerapkan digital marketing untuk mendapatkan konsumen. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Gleamore.id! Klik disini

Scroll to Top