
Cara Menilai Kinerja Website: 5 Indikator Penting yang Wajib Dicek
- Kanza Adinanda Putri
- June 12, 2025
Menilai kinerja website bukan hanya tugas teknis, tetapi bagian penting dalam strategi digital. Website yang cepat, mudah diakses, dan menarik akan membawa lebih banyak pengunjung, memperkuat brand, dan meningkatkan konversi.
Website yang lambat membuat pengunjung cepat pergi. Pastikan halaman Anda bisa dimuat kurang dari 3 detik. Gunakan tools seperti Google PageSpeed Insights untuk menganalisis dan memperbaiki elemen yang membuat website lambat.
Lebih dari 50% pengguna internet mengakses website melalui ponsel. Website yang tidak responsif akan kehilangan potensi traffic. Pastikan tampilan dan fungsi berjalan lancar di berbagai perangkat.
Bounce rate tinggi menunjukkan pengunjung tidak menemukan konten yang mereka cari. Periksa halaman mana yang paling banyak ditinggalkan dan evaluasi kualitas konten atau user experience-nya.
Elemen seperti meta title, meta description, heading, dan struktur URL sangat berpengaruh terhadap visibilitas di mesin pencari. Pastikan setiap halaman Anda teroptimasi untuk keyword yang relevan.
Apakah pengunjung mengisi formulir, melakukan pembelian, atau menghubungi Anda? Pantau conversion rate untuk mengukur apakah website benar-benar efektif mencapai tujuan bisnis.
Baca juga tentang Website lainnya di: Website Bukan Lagi Opsional! Ini Dampaknya Jika Bisnis Anda Tidak Memilikinya
Menilai performa website secara rutin membantu Anda memastikan bahwa strategi digital Anda berjalan optimal. Jika Anda butuh bantuan mengevaluasi dan meningkatkan performa website bisnis Anda, tim ahli dari Gleamore siap membantu. Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dan raih hasil maksimal dari kehadiran digital Anda.